Rute dan Jalur Termudah Menuju Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Sobat traveler, kali ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara menuju air terjun Sri gethuk. Pasti anda sedang bingung untuk menuju ke tempat ini, kan? Jangan khawatir, kami akan memberikan informasi lengkap buat anda semua. Silahkan di simak saja artikel ini sampai habis!


Air terjun Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun yang populer di Jogja. Bahkan tak hanya pelancong dari wilayah Jogja saja pengunjungnya,akan tetapi juga dari wilayah luar kota. Slempret merupakan nama lain dari air terjun Sri Gethuk, karena air terjun ini terletak di lokasi Slempret. Air terjun tersebut diapit oleh tebing yang berketinggian sampai dengan 50 meter.

Kawasan Slempret merupakan daerah yang bertopografi perbukitan dan banyak ditumbuhi pohon kelapa. Tanaman padi dapat tumbuh subur ditempat ini sepanjang tahun karena tanah di tempat ini tidak pernah mengalami kekeringan. Kesuburan tanah ditempat ini karena didukung oleh tiga sumber mata air yang cukup besar dengan rata-rata debit 30 s/d 60 liter/detik, yaitu mata air Dong poh, Ngandong dan Ngumbul.

Dapat ditempuh dengan jalan kaki melewati pematang sawah sejauh 450 meter kemudian dilanjutkan dengan menuruni anak tangga berjumlah sekitar 96 anak tangga. Untuk mencapai air terjun tersebut dapat juga dengan berjalan menyusuri tebing Slempret yang berujung ke lokasi air terjun Sri Gethuk.

Penamaan Slempret sebenarnya berasal dari kata Slompret yaitu nama sebuah alat musik tiup dan konon tempat tersebut merupakan tempat yang dianggap angker masyarakat karena merupakan tempat makhluk halus atau jin yang tinggal ditempat tersebut. Menurut serita pimpnan dari jin tersebut bernama jin Anggo Menduro.

Konon jin yang menjadi penunggu tempat tersebut teryata menyukai berbagai kesenian, semua itu dibuktikan pada waktu-waktu tertentu sering terdengar suara – suara yang sering didengar oleh penduduk di lokasi Menggoran dan sekitarnya. 

Suara tersebut berupa suara seperti bunyi drumband, dan suara slompret yang sering terdengar mendominasi munnculnya suara tersebut. Suara tersebut kalau dicoba didekati akan hilang sehingga masyarakat meyakini yang mempunyai suara tersebut adalah para jin yang mendiami tempat tersebut. Oleh karena itu air terjun tersebut dinamakan Slempret karena berada di lokasi yang namanya Slempret.

Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk ini ada 2 jalur yang bisa dilewati yaitu :

Dari pusat kota Yogyakarta - Jalan Wonosari - Bukit Pathuk Gunungkidul - Pertigaan Gading ke kanan ke arah Playen. Dari Playen kemudian belok kanan ke arah Kecamatan Palihan. Sekitar dua kilometer dari Kecamatan Palihan akan ada pertigaan, ambil arah ke kanan.

Dari pusat kota Yogyakarta - Jalan Wonosari - Bukit Pathuk Gunungkidul - Pertigaan Gading ke kanan ke arah Playen. Dari Playen kemudian belok kanan ke arah Kecamatan Palihan. Sekitar dua kilometer dari Kecamatan Palihan akan ada pertigaan, ambil arah ke kanan.

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Harga Tiket Air Terjun Sri Gethuk yaitu Rp 7.000 per orang dan sudah termasuk tiket terusan ke Gua Rancang Kencana.

Untuk bisa sampai ke Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Anda bisa melakukan perjalanan dengan 2 cara yaitu dengan perahu rakit atau berjalan kaki.

Harga sewa perahu Rp 10.000 dan ban untuk berenang Rp 5.000,-

Nah, sobat, bagaimana? Apakah kalian masih bingung untuk menuju ke air terjun Sri Gethuk? Saya kira tidak karena informasi yang kami berikan cukup jelas dan mudah. Semoga artikel dari nanapedia ini berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.

0 Response to "Rute dan Jalur Termudah Menuju Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta"

Posting Komentar