Rute Menuju Wisata Kedung Cinet, Jombang

Jombang memang terkenal akan sebutan kota santri. Banyak sekali pondok pesantren yang tersebar di derah kota dan kabupaten jombang. Letaknya wilayahnya juga memang lumayan strategis karena jombang merupakan jalur utama persimpangan lintas selatan pulau jawa yang antara lain Surabaya – Madiun – Yogyakarta, untuk jalur Surabaya-Tulungagung serta jalur Malang – Tuban.

Selain letaknya yang lumayan strategis jombang juga memiliki beberapa objek wisata indonesia yang menarik untuk dikunjugi. Memang beberapa objek wisata di jombang tersebut masih belum banyak yang  terekspose sehingga banyak juga orang dari luar kota jombang yang belum mengetahui. Salah satu wisata tersembunyi tersebut adalah Kedung Cinet.

Wisata Alam Kedung Cinet

Kedung Cinet berada di desa Pojok Klitih kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Lokasi wisata ini sendiri ada di tengah hutan yang lumayan lebat. Meski berada di lokasi terpencil bukan berarti pemandangan Kedung Cinet tidak dapat memanjakan mata. Kedut Cinet akan mengingatkan Anda pada kemegahan tebing-tebing Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat.

Pemandangan Kedut Cinet sangat indah. Udara di Kedung Cinet sejuk karena jauh dari polusi keramaian. Daya tarik Kedung Cinet ini mampu menarik para wisatawan, sehingga kini Kedung Cinet banyak dikunjungi wisatawan. Air turun bening gemericik menimpa dari batu satu ke yang lainnya.

Dengan menyusuri kedung ini, anda tidak akan kehabisan tempat narsis. Jernihnya air lubuk ini dapat anda jumpai hanya ketika musim kemarau. Jikalau kedatangan anda bersama musim penghujan, maka anda hanya bertemu keruhnya tanah dan warna coklatnya yang seakan bersenyawa

Kedung Cinet makin terkenal setelah banyak wisatawan yang mengunggah keindahannya. Tidak sedikit pula yang menyebut Kedung Cinet adalah Green Canyonnya Jombang. Karena aliran sungai yang mengendap berwarna biru musim kemarau yang membuat tempat ini tampak seperti Green Canyon.

Namun bagi Anda yang berminat ke Kedung Cinet harus memerhatikan waktu berkunjung. karena saat musim hujan, arus sungai di Kedung Cinet sangat deras. Kawasan Kedung Cinet bisa dibilang masih asri dan alami karena belum banyak yang tahu tentang keberadaan Grad Canyon mini ini. Sementara untuk ongkos masuk Kedung Cinet masih gratis.

Dinamakan Kedung Cinet, dahulunya tempat ini pernah digunakan sbg pemandian di masa Kerajaan Majapahit. Airnya yg jernih dan suasana alam yang tenang akan menyegarkan Anda.

Bagaimana cara menuju wisata Kedung Cinet?

·         Jalur Jombang Ploso
Untuk kesana dari arah Kota Jombang, anda ambil arah ke Ploso, anda akan melewati kecamatan Tembelang, tetap lurus dan ikuti jalan sampai ada jembatan sungai brantas, ketika sampai diujung jembatan belok kiri arah ke Plandaan/Nganjuk/Kertosono.

Telusuri jalan yang berdampingan dengan sungai brantas ini lurus sampai anda menemukan Polsek Plandaan lalu belok kiri ke arah Plandaan, lurus saja mengikuti jalan sampai anda masuk ke desa Klitih, jalan disini sudah mulai tidak bersahabat selain tidak beraspal dan berongga, juga banyak batu dan licin karena lumpur.

Tetap ikuti jalan dan penanda jalan arah kedung cinet sampai mulai masuk ke dalam hutan, di sana anda akan disambut oleh papan kayu bertuliskan welcome to Cinet adventure forest, lurus hingga anda menemukan sungai dimana tujuan anda berada, lokasinya ada disebelah kiri.

·         Jalur Mojokerto Ploso
Untuk kesana dari arah Mojokerto, ambil jalan arah ke Ploso melalui jalur kecamatan Gedeg dan menyusuri sisi utara dari sungai Brantas, lurus saja sampai anda menemukan jembatan Ploso sungai Brantas di sisi kiri yang ada di jalur Jombang Ploso diatas, sampai disini lurus ke arah Plandaan dan jangan belok kiri nanti kembali ke Jombang.

Selanjutnya ikuti jalan itu seperti jalur yang ada di atas. Jika anda datang dari arah ini anda akan melihat banyak tambangan untuk menyebrangi sungai Brantas.

Selain itu dapat juga di akases dari Nganjuk atau Kertosono dan Ploso atau Babat yaitu ambil arah ke Jombang (Plandaan).

***
Bagaimana, apakah anda tertarik mengunjungi Wisata Alam Kedung Cinet yang mirip Green Canyon ini? Semoga artikel kalei ini bermanfaat untuk anda. Teruslah eksplore Jawa Timur.

Happy Traveling!

0 Response to "Rute Menuju Wisata Kedung Cinet, Jombang"